Memaknai Masa Awal di Adelaide

Setiap langkah yang saya lalui dalam hidup tentu akan selalu memiliki makna penting tersendiri, tak terkecuali kebermaknaan dalam keberangkatan saya pada akhirnya bulan Februari 2017 ke South Australia (SA), Adelaide, sampai saat ini. Bulan tersebut menjadi lembaran awal saya untuk menempuh Magister of Education pada The University of Adelaide (UofA) sampai dua tahun ke depan. Lewat tulisan ini, saya ingin berbagi kepada para membaca sekalian, beberapa catatan berharga dalam memaknai sepak terjang saya selama masa awal perkuliahan, baik yang berkaitan dengan aktivitas perkuliahan dan yang menyertainya.


Rasa Terimakasih
Berterimakasih kepada Allah SWT adalah hal utama yang patut selalu saya jaga dan lakukan secara berkelanjutan. Tindakan inilah yang sering disebut sebagai rasa syukur. Saya merasa bahwa kemudahan yang saya dapatkan selama ini, dari mulai memasang mimpi kuliah di kampus yang punya reputasi tinggi, mengejarnya, dan menjaganya, tidak lepas dari intervensi Tuhan. Maka dari itu, saya selalu berusaha agar terus bersyukur untuk setiap pencapaian-pencapaian kecil yang telah diraih. Cara ini yang membuat saya tetap tegar di kala menghadapi tantangan hidup, semisal kegagalan dalam melamar beberapa beasiswa.

Selanjutnya, patut saya berterimakasih kepada negara Indonesia, lewat Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan, yang telah mendanai proses perkuliahan dan biaya hidup selama masa studi. Tentu sangat banyak yang telah saya dapatkan dari republik tercinta, bahkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, saya telah mendapatkan Pengayaan Bahasa, tepatnya IELTS selama enam bulan. Lebih jauh lagi, saya telah lahir, makan dan minum dari bumi Indonesia.

Selain ucapan apresiasi bagi kedua orang tua (Saleh dan Madun), para guru, dan tak kalah pentingnya adalah rasa bangga saya bagi 116 teman yang luar biasa dalam kegiatan Persiapan Keberangkatan (PK-102) “Gema Arunika” di Wisma Hijau, Depok. Kesemuanya adalah bagian sumber semangat saya yang selalu akan menemani perjalan saya ke depan. Arunikers, thanks!
Manajemen Waktu
Pokok penting yang kedua, yaitu tentang manajemen waktu. Pada hari pertama saya sampai di Anzac Highway, Kurralta Park, tempat tinggal selama di SA, saya langsung menghitung berapa lama perjalanan yang dibutuhkan menuju kampus di North Terrace. Berdasarkan survei, saya menghabiskan waktu selama kurang lebih 30 menit perjalanan, dari mulai naik bis ditambah beberapa menit jalan kaki. Demi menjaga kemungkinan terlambat datang, saya pun memutuskan agar menyisihkan satu jam perjalanan. Semisal saya akan akan kuliah jam 8 a.m., saya pun sudah mulai berangkat jam 7 a.m. dari tempat saya tinggal, Unit 65 / 133. Bahkan saya biasa memilih tidak mandi sebelum kuliah jika dirasa akan membuat saya terlambat ke kampus. Karena saya biasa lebih memilih menyiapkan barang-barang yang akan saya bawa, berkas-berkas bahan pelajaran dan bekal makanan; roti, buah dan minuman.

Di samping itu, saya juga mengatur waktu dengan sangat cermat untuk penyelesaian tugas (assignment). Bukan hanya karena dosen di kampus tidak akan mentolerir keterlambatan tugas, saya memang selalu berusaha menyelesaikan tugas secepat mungkin, bahkan jika dosen memberikan waktu empat hari untuk mengerjakan, saya biasa menyelesaikan di hari yang sama saat malam hari. Tentu saja biasanya saya harus mengurangi waktu tidur. Salah satu contoh, kemarin malam saya hanya tidur empat jam demi menyelesaikan tugas, malam ini pun demi menyelesaikan tugas kampus dan tulisan ini, saya tidur tiga jam. Tidur jam 1 a.m., bangun jam 4 a.m.

Demi mendukung agar selalu tepat waktu, saya sengaja membeli gadget baru yang sekaligus ada paket internetnya. Saya menginstal aplikasi TripMate Adelaide Lite, yang berfungsi melihat jadwal kedatangan bis yang akan saya tumpangi ke kampus, aplikasi UA Student yang bisa membantu saya menunjukkan jadwal kuliah setiap harinya dengan detail, Stopwatch and Timer yang berfungsi untuk mengatur ketepatan waktu saya dalam melakukan persentasi, cara ini saya dapatkan ketika melihat persentasi TEDx yang sangat menjunjung tinggi ketepatan waktu. Dua hal lain yang saya lakukan adalah membeli papan besar yang saya taruh di kamar dengan menempelkan kertas kerta-kerta yang berisi nama tugas beserta timelinenya dan setiap saat melihat Calender di MyUni di mobile phone.

Kesungguhan
Sadar bahwa dibiayai dengan uang negara, saya pun memasang niat dari awal agar segala yang saya lakukan dibarengi dengan kesungguhan. Di samping ingin mendapatkan target nilai high distinction, saya melaksanakan tanggung jawab agar belajar dengan penuh rasa tanggung jawab. Dua prinsip yang saya pegang dari LPDP, datang hanya untuk belajar dan bersosial, yang selanjutnya saya tambahkan juga, untuk beribadah. Tantangan terbesar saya dalam menyelesaikan individual assignment dan group assignment adalah mengurangi waktu istirahat. Saya membayangkan aktivitas kuliah di sini adalah kelanjutan kegiatan PK. Patut saya berterimakasih kepada PIC PK, Muhammad Kamiluddin yang mengajarkan pentingnya melawan rasa kantuk. Saat  sampai di Adelaide, saya pasang rumus, jika saya bisa tidur dua jam sehari semalam saat PK, maka saya pun bisa ketika di sini.

Saya sadar bahwa meskipun saya terbilang datang terlambat ke Adelaide, tidak ada alasan untuk tidak sungguh-sungguh dalam semua hal. Bagi saya, kesempatan kuliah di Adelaide adalah anugerah yang luar biasa dari Allah. Di mana saya sudah menyiapkan lebih dari satu tahun belajar bahasa Inggris, menggunakan semua tabungan uang demi mengikuti beberapa tes IELTS, sampai-sampai motor saya pun dijual. Saya berusaha dengan totalitas. “Hidup hanya sekali, hiduplah dengan totalitas”, itulah mungkin motto yang sangat cocok buat saya. Saya biasa mengajak ketemu teman satu kelompok untuk menyelesaikan tugas kelompok, bertanya ke teman untuk jika kurang yakin dengan penjelasan dosen dan biasa bermalam-malam untuk baca jurnal dan menyelesaikan tugas online assignment.

Persaudaraan
Persaudaraan menjadi kata kunci penting lain yang tidak akan pernah lepas dari perjalanan saya selama ini. Saat pertama kali sampai di bandara yang ada di Adelaide, langsung dijemput oleh Mas Romi dan kemudian ditawari tempat tinggal oleh Mas Khusaini. Mas Khusaini pun yang kemudian di hari pertama sampainya saya di Adelaide, memberikan banyak bantuan; membantu dalam pengurusan kartu pelajar, metro card, membuka rekening di bank, mengurus enrollment, sampai kepada urusan memasak dan berbelanja kebutuhan sehari-hari. Ada pula mas Edy Purwanto yang bisa menemani perjalanan dan sharing bareng. Banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan di masa-masa awal. Saya menanggapnya hal itu saya dapatkan dari jalinan persaudaraan.

Di samping itu, saya berusaha menjalin banyak persaudaraan yang sekaligus sebagai tempat belajar saya. Teman-teman dari Indonesia, baik dari kalangan penerima beasiswa LPDP dan AAS, mahasiswa internasional dari berbagai negara, dan empat dosen yang mengampu mata kuliah Research Design (Edward Palmer), Curriculum Development and Innovatin (Lynda Macleod), Educational Policy Studies (Joy de Leo) dan Reseach Communication (Robyn Groves). Keempat dosen ini yang telah mengajarkan saya dengan metode belajar flipped classroom. Sebuah metode pembelajaran dimana sebelum perkuliahan berlajangsung, sudah dipersiapkan dulu materi dan pemahaman lewat online learning. Sehingga ketika sudah sampai di ruang kelas, saya pun sudah memahami pelajaran yang akan dibahas baik pada kegiatan lecturing dan tutorial.

Semangat
Semangat adalah kata yang seringkali muncul dalam memori saya. Saya selalu berbisik kepada diri sendiri, jika saya ingin semangat terus sampai dua tahun ke depan, saya harus semangat terus dari awal. Mirip perkataan, jika kamu memulai dengan senyum di pagi hari, maka seluruh harimu akan dipenuhi dengan senyuman. Apabila memulai persentasi dengan penuh percaya diri, maka seluruh rangkaian persentasi akan dihiasi rasa percaya diri. Langkah-langkah kecil yang saya lakukan dalam rangka merawat semangat adalah menuliskan goal besar ke depan dan kata-kata semangat di atas kertas, yang keduanya ditempel di dinding kamar, mendengarkan dan menonton sharing inspiratif TEDx lewat youtube, membuat target harian, dan mendengarkan lagu-lagu menarik semisal dari Coldplay “A Sky Full of Stars”, atau best remixes 2017 untuk mengusir rasa kantuk, dan tentu saja memohon semangat dari Allah yang dibarengi permintaan dukungan dari kedua orang tua.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa saya sharing kepada para pembaca sekalian. Dengan harapan bisa ada hikmah di baliknya. Sebagai pemuda Indonesia, saya memiliki tugas agar bisa menyebarkan hal-hal positif dan kebaikan. Salah satunya dengan berbagi lewat tulisan. Bagi pembaca sekalian, jika Anda adalah pemuda Indonesia, mari berbagilah, bisa lewat tulisan dan hal lain, karena saya yakin, satu kebaikan akan mengantarkan kepada kebaikan yang lain. Kebaikan tidak untuk disimpan dalam diri, tapi untuk inspirasikan. Satu pemuda adalah inspirator pada pemuda yang lainnnya, bahkan mungkin kepada yang lebih muda atau pun lebih tua. Saat ini Indonesia butuh pemuda-pemuda yang bisa melihat dari sudut pandang yang positif, menebar optimisme, dan berani berbagi.

Salam kebermaknaan,

 

M Nurul Ikhsan Saleh

Awardee LPDP PK 102

42 Replies to “Memaknai Masa Awal di Adelaide”

  1. Ini namanya baru pemuda harapan bangsa. Orang tua perempuan mana yang nahan anaknya kalau akan dilamar? Sukss bro!!!

  2. F*ckin’ remarkable issues here. I’m very happy to peer your article. Thank you a lot and i’m taking a look forward to touch you. Will you please drop me a e-mail?

  3. You can definitely see your expertise within the work you write. The world hopes for more passionate writers such as you who aren’t afraid to say how they believe. Always go after your heart. “Every man serves a useful purpose A miser, for example, makes a wonderful ancestor.” by Laurence J. Peter.

  4. Usually I don’t read post on blogs, but I wish to say that this write-up very forced me to check out and do it! Your writing style has been surprised me. Thank you, quite great post.

  5. Great beat ! I would like to apprentice while you amend your web site, how can i subscribe for a blog website? The account aided me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea

  6. Nice read, I just passed this onto a friend who was doing a little research on that. And he just bought me lunch as I found it for him smile So let me rephrase that: Thank you for lunch!

  7. magnificent issues altogether, you just gained a emblem new reader. What may you recommend about your publish that you made some days ago? Any certain?

  8. Halo, apakah kamu butuh pinjaman?
    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi siapa pun yang membutuhkan bantuan finansial. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, firma dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti hanya dengan suku bunga 2%. Hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami bisa memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@ gmail.com)

  9. Hello there, just became aware of your blog through Google, and found that it’s really informative. I am going to watch out for brussels. I’ll appreciate if you continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing. Cheers! xrumer

  10. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka ada di sini. menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta Masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah tentang menabrak karena hutang.

    Seiring pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat diandalkan dimana Ibu Ana Michael bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta surat kepercayaan saya yang saya sampaikan dan setelah mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah lelucon dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, namun saya tercengang. ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melayang ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan bahwa dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya

    Jadi saya saran semua orang yang tinggal di indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

  11. Affiliate marketing is one of the most effective and powerful ways to earn money online. This type of program gives everyone the opportunity to make a profit through the Internet. Since these affiliate marketing programs are easy to join, implement and pay for the Commission on a regular basis, more people are now willing to be part of this type business.

  12. The the next occasion I just read a weblog, I hope so it doesnt disappoint me as much as this blog. After all, It was my choice to read, but I really thought youd have something intriguing to state. All I hear is actually a lot of whining about something that you could fix if you ever werent too busy looking for attention.

  13. There are a couple of interesting points over time in this posting but I don’t know if I see every one of them center to heart. There may be some validity but I most certainly will take hold opinion until I consider it further. Excellent post , thanks so we want much more! Added to FeedBurner likewise

  14. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp800.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

  15. Greetings! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I genuinely enjoy reading through your blog posts. Can you recommend any other blogs/websites/forums that deal with the same topics? Thank you so much!

  16. Saw the whole brief article. There is certainly some definitely helpful information and facts here. thank you. “There is no exercise better for the heart than reaching down and lifting people up.” by John Andrew Holmes..

  17. (VICK MARALOAN FIRM COMPANY)
     
    Hola soy la Sra., Vick mara, un prestamista préstamo legítimo y fiable a los préstamos
    en términos y condiciones claras y comprensibles al tipo de interés del 2%. de
    USD $ 12,000 a $ 8,000,000, euros y libras solamente. Yo doy préstamos comerciales,
    Préstamos personales, préstamos estudiantiles, préstamos para automóviles y préstamos para pagar las facturas. si tu
    necesito un loana2
       usted tiene que hacer es para que usted me contacte directamente
    En: (vickmara3@gmail.com)
    Dios te bendiga.
    Sinceramente,
    Señora: vick mara
    Correo electrónico: (vickmara3@gmail.com)

    Nota: Toda la respuesta se debe enviar a: (vickmara3@gmail.com)

  18. Halo Nyonya, christabel walter, pemberi pinjaman yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
    dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%.
    kami memberikan pinjaman usaha,
    Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil, pinjaman usaha, pinjaman rumah sakit dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    butuh pinjaman
    Yang harus Anda lakukan adalah menghubungi Anda langsung melalui email: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)
    Tuhan memberkati Anda.
    Hormat kami,
    Nyonya: christabel walter
    Email: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)

    Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)

  19. That is the appropriate blog for anyone who desires to search out out about this topic. You realize a lot its nearly onerous to argue with you (not that I really would want…HaHa). You definitely put a brand new spin on a topic thats been written about for years. Nice stuff, just nice!

  20. WILLIAMS SMITH LOAN FIRM ………………..
    Hai, williams smith perusahaan asuransi / pinjaman, pinjaman pemberi pinjaman pribadi, kemungkinan hidup untuk membantu Anda. Butuh pinjaman mendesak untuk menghapus hutang mereka, atau memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? apakah itu konsolidasi atau pinjaman hipotek yang dibutuhkan? Jangan melihat lebih jauh, karena kita berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda di masa lalu. Kami menyediakan sarana bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis dengan biaya sebesar 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi Anda bantuan dan pengguna yang andal dan bersedia memberikan kredit untuk diinformasikan. Kemudian hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (williamssmithfirm@gmail.com)

  21. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Lender Anthony Yuliana memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui, anthony.yulianalenders@gmail.com

  22. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me. In my view, if all site owners and bloggers made good content as you did, the net will be a lot more useful than ever before.

  23. Halo
     Semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. tolong bergabunglah dengan saya untuk berbahagia dan bersyukur kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang sah.
     Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian Nyonya Nuliana Novi dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka email kepada semua orang “elinajohnson22@gmail.com” jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur saja, Awalnya saya sangat takut karena saya telah kehilangan uang saya dengan begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelahnya, pinjaman sebesar RP 700.000.000, saya mengajukan permohonan untuk benar-benar dipindahkan ke akun saya.

    Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman darurat dengan tingkat 2% saya mendapat cepat Tidak ada biaya dari perusahaan, yang saya lakukan hanyalah membayar pin pinjaman ke Kementerian. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar.

     Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sangat sederhana untuk setiap orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini.

     Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka dan itu tidak semua, mereka memiliki masa depan yang juga memberikan saran keuangan tentang bagaimana Anda melakukan investasi pinjaman Anda untuk memastikan Anda tidak pernah menjadi miskin lagi dalam hidup Anda dan layanan ini. bebas, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa diuntungkan. terima kasih, email lagi ^elinajohnson22@gmail.com

    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, ini email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua penipu meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya scam. semoga tuhan memberkati kalian semua
    Terima kasih

  24. TESTIMONI MEMBERIKAN PINJAMAN DARI KREDIT LAYANAN PRUDEN DAN RAHASIA, ANDA TERLALU DAPAT MENJADI PARTISER ITU!

    Hello Every One, saya adalah Nyonya Caro White dengan nama, warga negara Amerika Serikat. Saya segera ingin menggunakan media ini untuk menyiarkan kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pinjaman pemberi pinjaman dan pinjaman Legit sejati yang telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi anugerah, dari tingkat kesedihan sampai seorang wanita sukses yang sekarang dapat membanggakan orang kaya, kaya dan sehat bahagia tanpa stres atau kesulitan finansial. Hari ini saya sekarang dianggap sebagai wanita kehormatan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, tidak ada gunanya dan kebetulan saya jatuh di tangan penipuan, yang menipu saya dengan jumlah $ 2000. Dan saat ini terjadi, saya sangat bingung dan putus asa dan berdoa kepada Tuhan untuk menemukan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman nyata dan sah dan tidak akan menambah rasa sakit saya. Jadi saya memutuskan untuk menelepon seorang teman saya yang baru saja mendapat pinjaman secara online, kami membahas masalah ini dan untuk kesimpulan kami, dia menceritakan kepada saya tentang seorang pria bernama Mr. Deacon Francis Johnson yang merupakan CEO FRANCIS JOHNSON CORPORATIVE LOAN COMPANY WORLDWIDE. Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar itu ($ 506.000,00), dengan tingkat bunga serendah 3% per tahun, dan saya memberi mereka perusahaan maksimum saya dan mematuhi instruksi yang diberikan kepada saya oleh Institusi, dan segera, pinjaman saya disetujui mudah tanpa ada tekanan atau penundaan, dan semua persiapan yang dibuat mengenai transfer kredit dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari pinjaman yang disimpan ke dalam Rekening Bank saya. Umat saya jauh dan dekat, apakah ini bukan sebuah kesaksian yang bagus? Ini sekarang membuat saya percaya bahwa di mana ada yang buruk masih ada yang baik dan jujur. Jadi saya ingin saran Anda yang ada di sana yang ingin mendapatkan pinjaman yang nyata dan asli, untuk menghubungi FRANCIS JOHNSON CORPORATIVE LOAN COMPANY melalui alamat email berikut: (Corporativeloancompany@gmail.com), saya selalu berdoa agar Tuhan di Surga untuk memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidupku. Sekali lagi, hati-hati saat mencari pemberi pinjaman pinjaman online banyak yang menipu! Satu hal yang selalu saya katakan kepada orang-orang adalah bahwa mengajukan pinjaman di institusi ini, Anda harus memiliki Keyakinan dan Impian yang Baik.

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    Tertanda
    Nyonya Caro Putih

  25. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

  26. selamat hari semuanya

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman Jangka Panjang dan Jangka Pendek untuk organisasi individu dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk memperbaiki bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, layanan pinjaman kami berkisar dari jumlah minimum ($ 3.000,00) sampai jumlah maksimum ($ 40.000, .00) dan dengan durasi minimum 1 tahun, dan jangka waktu maksimum 10 tahun yang telah disetujui oleh perusahaan pinjaman, sebelum kami dapat mengarahkan Anda ke bank pengalihan yang akan segera memulai pinjaman Anda, jadi biarlah kami memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut. di bawah.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: ::::::::::::::::::::::::::::::::::
    DOLAR
    POUND
    EURO
    RM
    IDR

    hubungi kami sekarang

  27. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum 5.000,00 euro sampai 10.000,00 euro sampai 20 juta euro
    Dengan suku bunga pinjaman 2% rendah
    Periode: sampai 25 tahun tergantung jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.
    Pelanggan harus
    lebih dari 18 tahun
    Transaksi ini 100% aman untuk semua pelanggan
    Untuk informasi lebih lanjut tentang kredit, silahkan hubungi kami via e-mail:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    1. Halo,
      Nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 4 pinjaman yang berbeda pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

      Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya sebesar 800 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

      Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
      Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda bebas untuk menghubungi saya dan dengan senang hati saya akan menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu yang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

  28. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

  29. I just want to mention I am very new to weblog and absolutely loved your website. Very likely I’m going to bookmark your website . You surely have great writings. Regards for sharing with us your web-site.

  30. Halo Nama saya Habibie Hidayat ke dalam pelaksanaan proyek saya juga merupakan penasihat khusus mengenai masalah teknis karena orang-orang ini berkonsultasi dengan saya dalam berbagai isu terkait proyek yang saya katakan adalah konsultan teknis. Saya sangat senang karena hasil dari pengetahuan syair saya dalam masalah proyek, orang-orang juga mulai menghubungi saya di tempat yang terpercaya dan berkomitmen untuk mendapatkan pinjaman mereka sehingga memungkinkan mereka mendanai proyek mereka dan karena saya suka membantu orang dan juga sebagai akibat dari layanan tanpa pamrih saya. Bagi umat manusia dalam hal proyek yang menuntut jumlah besar, panggilan pertama saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM ini adalah perusahaan yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan bantuan keuangan kepada semua kliennya saya karena dihubungi untuk mengawasi proyek tertentu yang dikeluhkan oleh klien saya dia tidak memiliki cukup dana untuk proyeknya, saya harus mengarahkannya ke Ibu Iskandar setelah pinjamannya berhasil disetujui oleh Borad dan semua detilnya mencantumkan pinjamannya sebesar billi ons berhasil dipindahkan ke akunnya tanpa ada tekanan silahkan sebagai penasihat teknis dan konsultan jika Anda menghubungi Ibu Iskandar sehingga Anda memiliki cukup dana untuk proyek Anda atau Anda memerlukan Jutaan untuk bisnis Anda dan keperluan pribadi lainnya sekarang. Tempat yang tepat untuk pergi adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM karena mereka memberikan pinjaman adalah berbagai mata uang (RP, RYM, $) jika Anda membutuhkan pinjaman segera tanpa jaminan keamanan {KTA}, Anda dapat menghubungi mereka melalui email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} tolong Anda harus menjadi klien yang tulus dan berkomitmen karena akan menjadi tidak saleh bagi Anda untuk mencuri uang Ibu dan melarikan diri jadi mohon memproses pinjaman Anda dengan Ibu Iskandar dengan pikiran bersih karena dijamin oleh Anda jika Anda meminjamkan disetujui Anda akan mendapatkan pinjaman jadi mohon lupakan perusahaan lain yang menipu Anda sebelum Ibu ada di sini untuk menyelamatkan Anda dari krisis finansial manapun yang Anda hadapi karena yakin bahwa semua trauma yang Anda hadapi gh adalah seluruh InshyaAllah.Anda juga dapat menghubungi Ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} karena pinjaman Anda akan berhasil dipindahkan ke rekening Bank Anda tanpa ada tekanan dan juga jangan lupa untuk menghubungi saya {habibiehidayat1@gmail.com} ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM pasti akan membawa kehidupan finansial ke keluarga Anda, proyek dan banyak lagi{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} BBM INVITE-nya: {D8980E0B}……………………{habibiehidayat1@gmail.com}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *