Transportasi di Australia

Transportasi di Australia pada umumnya termasuk Adelaide tergolong transportasi yang telah maju. Hal ini tidak saja dinilai dari modanya yang lebih beragam, namun juga dari fasilitas teknologi yang mengakomodasi kepentingan dan kenyamanan penggunanya. Sebagai catatan, ada beberapa moda transportasi umum di Adelaide: bis, tram, dan kereta. Tidak ada ojek online di sini.

Adelaide+metro.jpg
Contoh tampilan informasi real-time  jadwal bis

Dari pengalaman dan pengamatan pribadi penulis, teknologi ini pada dasarnya dirancang untuk memenuhi dua hal yakni kecenderungan alami para pengguna jasa transportasi yang ingin waktunya lebih efisien dan kedua, untuk tiba di tujuan dengan selamat. Setiap individu yang memiliki smartphone bisa mengakses informasi kedatangan moda transportasi di atas darimana pun mereka berada selama memiliki koneksi internet. Informasi yang didapatkan dari teknologi yang kelola AdelaideMetro ini berupa informasi kedatangan real-time, waktu dan jarak tempuh, dan tentu saja informasi moda apa yang pergi ke arah tujuan mana. Setiap negara bagian di Australia memiliki fasilitas serupa namun dengan nama penyedia layanan yang berbeda. Bagi pelajar mancanegara, fasilitas seperti ini sangat mendukung mahasiswa terutama dari segi efisiensi waktu.

Tarif+transportasi+umum.jpg
Tarif kendaraan umum di Adelaide

Pelajar di Australia Selatan entah pelajar lokal atau mancanegara mendapatkan biaya konsesi transportasi. Artinya, pelajar dikenakan harga tiket yang lebih murah. Tiket ini valid atau berlaku selama dua jam. Jadi kemanapun Anda pergi selama dua jam itu, Anda tidak perlu membeli tiket lagi. Cukup memvalidasinya di mesin tiket yang ada di setiap moda transportasi umum yang ditumpangi. Jika ingin lebih hemat lagi, pakai kartu ketimbang tiket, yang Anda bisa recharge.

Namun demikian, ada keadaan tertentu dimana moda transportasi yang ada itu tidak mampu memenuhi kedua tuntutan di atas, setidaknya tuntutan untuk tiba di tempat tujuan, sebab tidak semua moda itu menjangkau semua tempat terutama daerah suburb yang terletak dipinggiran. Kalaupun bisa, biasanya dibutuhkan waktu berjam-jam menunggu di halte. Maka dari itu, kendaraan pribadi sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan ini.

Berbicara kendaraan pribadi dalam konteks Australia tidak lah selalu mengesankan kendaraan yang hanya bisa dijangkau oleh kalangan yang mapan secara ekonomi, atau lebih tepatnya memiliki kebebasan finansial. Sebab, di Australia harga mobil bekas sangat murah, bahkan bisa lebih murah dari smartphone. Tentu saja, ini tidak merepresentasi semua mobil. Harga mobil biasanya tergantung tahun keluaran mobil, kualitas mesin, jarak tempuh, dan beberapa faktor lainnya. Keuntungan kedua, bagi yang membawa serta keluarga apalagi yang memiliki anak, memiliki kendaraan sendiri akan lebih hemat ongkos dan menghindarkan mereka dari kesan repot.

Di tulisan ini, penulis berbagi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan diketahui oleh pelajar yang berniat memiliki kendaraan sendiri sebelum hijrah ke Adelaide. Setidaknya hal-hal ini bisa menjadi modal pengetahuan sebelum hijrah ke kota paling layak huni kelima di dunia ini.

  1. Rambu lalu lintas

Setiap persimpangan di jalan-jalan utama di Adelaide dilengkapi dengan traffic lights yang juga biasa dijumpai di Indonesia. Hanya saja fitur-fiturnya bisa dikatakan lebih lengkap. Sebagian besar lampu lalu lintas dilengkapi dengan CCTV yang digunakan untuk memantau keadaan arus kendaraan di persimpangan dan juga dengan speed camera yang berfungsi untuk memotret kendaraan yang melanggar aturan batas kecepatan atau yang menerobos setelah lampu merah menyala. Objek tangkapan kamera pemantau ini biasanya berupa nomor registrasi mobil yang terpasang di bagian belakang atau depan mobil.

pedestrian-buttonjpg.jpg
pedestrian button

Di setiap tiang lampu lalu lintas dipasang pedestrian button. Para pejalan kaki diwajibkan menekan tombol ini sebelum menyeberang. Fungsinya untuk meminta jalan kepada kendaraan-kendaraan yang sedang melaju. Penyeberangan hanya dibolehkan selama kendaraan-kendaraan itu berhenti total dan lampu penyeberangan menyala.

Pembatas jalur, selain menjadi pemisah jalur juga difungsikan untuk meletakkan rambu-rambu lain seperti larangan belok, larangan berbalik arah, batas kecepatan, dan rambu-rambu lainnya.

Selain itu, perintah-perintah yang bersifat simbolik juga dijumpai di aspal seperti tanda belokan atau tanda U turn berwarna putih yang digambar di jalur yang ditentukan.

2. Surat Izin Mengemudi (SIM)

SIM atau di Australia disebut driver’s license Indonesia diakui di Australia Selatan. Hanya saja, SIM ini hendaknya selalu dibawa kemana-mana dengan versi terjemahan bahasa inggrisnya sehingga ketika sewaktu-waktu diberhentikan pada saat berkendara oleh SAPOL, sebutan kepolisian Australia Selatan, mereka bisa mengidentifikasi keabsahan SIM tersebut dengan mudah. Sebagai catatan, dan ini adalah penilaian pribadi penulis, polisi di sini sangat fair. Mereka tidak akan memberhentikan Anda kalau Anda tidak melanggar (misalnya Anda berkendara dengan kecepatan tidak melampaui batas) dan jika mereka betul-betul tidak melihat sesuatu yang berpotensi membahayakan nyawa si pengemudi mobil dan pengguna jalan lain.

Selama proses menunggu keberangkatan, ada baiknya bila SIM Anda diterjemahkan jika memungkinkan. Apakah musti tersumpah? Ada dua versi yang selama ini saya dengar. Tersumpah dan boleh tidak tersumpah. Menurut penulis, ini bukan masalah besar. Namun jika ingin betul-betul bebas dari rasa was-was, silakan pilih opsi pertama. Apa harus melalui penyedia jasa layanan penerjemahan tertentu? Sependek pengetahuan penulis, tidak ada penerjemah terntentu yang berafiliasi dengan pihak SAPOL. Selama alih bahasanya akurat, siapa penerjemahnya tidak jadi soal.

3.            Parkir

Kelalaian memarkir sesuai peraturan pemerintah setempat akan mendatangkan fine atau denda yang jumlahnya tidak sedikit. Sebagaimana di Indonesia, badan-badan jalan di Australia bisa difungsikan sebagai tempat parkir selama tidak ada larangan memarkir di lokasi itu. Parkiran yang berbatas waktu itu ditandai dengan plang bertuliskan hari pemberlakuan status parkir dan durasi sekali parkir di area yang disediakan.

Mesin-mesin pembayaran parkir biasanya dijumpai di sekitarnya. Namun tidak semua tempat yang dipasangi rambu parkir ini berbayar. Jika di rambu itu tidak tertulis kata “ticket” maka itu gratis, namun tetap tidak boleh melampaui batas waktu yang dizinkan. Jika tidak, bersiap-siaplah menerima expiation notice dari Adelaide City Council yang berkeliaran yang memang ditugaskan untuk mengincar kendaraan-kendaraan yang melanggar. Secarik kertas denda ini biasanya diselipkan di kaca depan mobil pelanggar.

expiation+notice.jpg

Secara garis besar, hal parkir-memarkir yang tergolong melanggar adalah tidak membayar biaya parkir, memarkir mobil melewati batas waktu yang telah ditetapkan atau yang telah dibayar, badan mobil melewati garis parkir, dan memarkir kendaraan di badan jalan yang ada larangan parkirnya. Selain bisa mendeteksi mobil yang melanggar kecepatan dan yang tidak memiliki registrasi, SAPOL juga memiliki teknologi yang bisa mendeteksi mobil yang parkir sembarangan.

 4.      Registrasi

Khususnya di Australia selatan, registrasi –warga setempat menyebutnya rego – mobil bisa diperpanjang untuk tiga bulan atau dua belas bulan. Biaya perpanjangan ini tergantung dari tahun keluaran mobil dan kapasitas silinder nya. Merujuk tahun keluaran “rongsokan” saya 1994 dengan kapasitas 1500CC, saya cukup membayar registrasi sebesar AUD187.00 untuk opsi tiga bulan. pembayarannya bisa daring melalui aplikasi Ezyreg atau bisa datang langsung ke Service SAGagal membayar registrasi berarti harus siap-siap kena denda yang jumlahnya bisa berkali lipat dari besaran jumlah pembaharuan registrasi. Speed camera mengintai di mana-mana.

5.   Speed limit dan speed camera

Ada beberapa hal yang musti diperhatikan terkait ini. Pertama, jika berada di zona jalan yang batas kecepatannya 60 km/jam, lampu kuningnya menyala selama 4 detik sedangkan di zona 80 km/jam selama 5 detik. Tips aman saya, jangan sekali-kali “berjudi” dengan kesempatan. Jika tidak yakin bisa melewati garis perempatan sebelum mencapai 4 atau 5 detik itu, sebaiknya berhenti. Selain menghindari tertangkap speed camera, nyawa pengguna jalan lain yang sedang menyeberang juga terjaga dari kecerobohan kita. Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

6.   Pindah jalur saat kendaraan melaju

Salip-menyalip juga adalah hal lumrah di sini, namun pengendara melakukannya dengan tertib dan mengutamakan keselamatan bersama. Anda tentu saja boleh berpindah jalur ke kiri atau ke kanan namun wajib menyalakan side turn light. Anda harus mempertimbangkan pengendara lain di kiri, kanan, depan, dan belakang sebelum menuntaskan perpindahan jalur. Jika pengendara lain di sekitar Anda merasa haknya dilanggar maka mereka akan menekan klakson tanda Anda menyerobot haknya. Sebagai catatan, orang-orang Australia tidak akan membunyikan klakson secara sembarangan. Mereka hanya akan melakukannya untuk memberi warning, tidak untuk menyapa kawan yang kebetulan berpapasan. Jadi, tips berkendara selanjutnya, jangan sekali-kali membunyikan klakson di luar alasan memberi warning.

7.   Memberi jalan

Salah satu hal yang saya kagumi dari orang-orang Australia adalah penghargaannya kepada pengguna jalan lain, apatah itu bagi pengguna berkendara atau yang sedang berjalan kaki. Mereka akan dengan murah hati berhenti untuk memberi jalan terutama kepada pejalan kaki di jalur penyeberangan yang tidak ada lampu lalu lintasnya. Jika Anda di posisi pengendara, beri isyarat tangan setelah Anda memelankan atau menghentikan mobil, jika di posisi sebagai pejalan kaki atau pengendara yang diberi jalan oleh pengendara lain, jangan lupa melambaikan tangan sebagai ungkapan terimakasih.

Secara garis besar, kita bisa merasakan sisi humanis dari aturan berkendara di Australia baik itu yang tertulis maupun yang sifatnya value yang dipegang bersama. Jika ditarik garis lurus, sebenarnya kunci untuk berkendara dengan selamat hanya satu yakni patuhi peraturan. Kepatuhan ini tentu saja mempersyaratkan pengetahuan tentang peraturan berlalu lintas.

Lantas, bagaimana cara transaksi pembelian mobil bekas di Adelaide? Tidak susah menemukan iklan penjualan mobil di sini. Apalagi dengan semakin beragamnya media transaksi online. Anda bisa temukan iklan mobil di Gumtree atau di grup Facebook lokal. Yang dibutuhkan kedua belah pihak yang bertransaksi hanya Registration Details Certificate dimana keduanya akan bertanda tangan. Dokumen inilah nantinya yang dipakai untuk mengurus name transfer atau yang biasa kita sebut “balik nama” dan untuk memperpanjang registrasi.

P_20161113_123940+%282%29.jpg

P_20161113_123954.jpg

Demikian. Tulisan ini didasarkan pada pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat.

 

Andi Syurganda

Awardee LPDP PK-23

One Reply to “Transportasi di Australia”

Leave a Reply