Semoga Indonesia Menjadi Negara Maju

,,,percayalah, kita tidak akan sampai ke mana-mana, jangankan seberang lautan, seberang selokanpun kita tidak akan sampai kalau kita tidak pernah mulai melangkah,,,

Semua rakyat Indonesia berdo’a dan berharap bahwa suatu saat (entah kapan) Negara ini menjadi Negara yang maju. Maju??? Kata ‘maju’ tersebut memiliki kriteria dan ciri-ciri yang saaaaaangat banyak dan kompleks; Rakyat sejahtera, lowongan pekerjaan tersedia, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, perdagangan dalam dan luar negri lancar, utang negara Rp. 0,00, pendidikan merata, dan sebagainya dan sebagainya (silahkan lanjutkan daftarnya di kolom komentar!) termasuk negara yang bersih (dari sampah dan dari KKN) dan tertib.

Mari kita membahas poin ‘bersih (dari sampah)’ ini saja, yang terlihat sangat mudah tetapi ternyata itu hanya dalam mimpi kita. Pagi ini saya membuka facebook dan membaca postingan PPIA SA tentang INDOFEST yang akan digelar bulan ini. Salah satu acaranya adalah sosialisasi ‘Waste Management and its Impact on Social Culture, Tourism and Business’ yang akan disampaikan oleh para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Youth Forum. Serius, saya tadinya berniat melanjutkan tidur, tapi gambar di postingan ini mengalihkan kantukku.

Ini benar dan ini adalah langkah kecil yang akan membawa kita kepada perubahan yang sangat besar jika kita sepakat untuk bergandengan tangan, bahu membahu untuk memulai langkah kecil ini dan berjanji untuk tetap menerapkannya. Saya tidak akan membahas seminar Youth Forum karena itu akan diadakan besok.

Ilustrasi saya tentang hal ini adalah ada sekelompok kecil masyarakat yang sadar akan kebersihan dan pentingnya daur ulang sampah menginisiasi program buang sampah dengan benar dan teratur sehingga lingkungan kita menjadi bersih dan rapi dan kita mendapatkan manfaat dari sampah yang bisa didaur ulang. Kemudian, karena kelompok kecil ini istiqomah menjalankan programnya akhirnya kegiatan kecil inipun ditiru oleh orang-orang sekitarnya. Mungkin awalnya hanya akan ada satu atau dua orang saja yang meniru tapi pada akhirnya semua orang meniru kebiasaan baik ini. Itu ceritaku, apa ceritamu?

Mari kita lanjutkan. Saya sering berpikir bahwa para petinggi kita dan semua orang yang pernah menginjakkan kaki di negara maju pasti pernah bertanya dalam hati mereka bagaimana caranya membuat Indonesia sebersih negara ini? Tidak ada sampah dan tidak ada asap rokok. Tata kota sangat rapi dan indah serta penduduknya sangat tertib. Jika demikian, berarti we are on the same page. Dan pasti pikiran itu dikacaukan lantaran kita melihat kebelakang. Tergambar jelas di pikiran kita wajah, keadaan dan kenyataan rakyat kita di Indonesia dan kitapun berkata ‘tidak mungkin’ Indonesia bersih, itu hanya mimpi belaka.

Dreaming about it costs us the most valuable thing on Earth, time. Waaah harga itu terlalu mahal untuk kita bayar. Jadi janganlah kita sekedar bermimpi. Mari kita memulai mewujudkan mimpi itu. Caranya sangat sederhana dan mudah. Mari kita contek tata cara dan ketentuan buang sampah orang-orang disini. Dimasing-masing rumah terdapat tiga tong sampah yang warnanya bebeda, biru, kuning dan abu, yang menandakan bahwa fungsi masing-masing tong itu berbeda.

Tong biru digunakan khusus untuk menampung sampah dapur, tapi abu dan cairan tidak boleh masuk ke tong sampah ini. Tong kuning digunakan khusus untuk menampung sampah yang bisa didaur ulang seperti plastik, kertas, kardus dan kaleng. Tapi, aturannya, sampah yang masuk ke tong kuning ini harus bersih, misalnya botol susu atau botol minyak yang akan dibuang harus dicuci terlebih dahulu. Dan yang terakhir adalah tong abu. Tong ini digunakan khusus untuk membuang sampah dari kebun, misalnya rumput, daun-daun dan ranting pohon hasil bersih-bersih di halaman belakang atau dikebun dimasukkan ke tong ini. Gampang kan? No, back off. Disini, hal ini mudah karena pemerintahnya peduli tentang hal ini. Jadi, pemerintah menyediakan semua tong sampah ini dan setiap hari selasa, truk sampah keliling kota untuk mengangkut sampah-sampah ini. Asusmsi saya, pasti sampah-sampah ini disetor di satu pembuangan besar dan diolah disana. Sampah hidup diolah menjadi pupuk dan sebagainya dan sampah plastik, kertas, kardus dan kaleng didaur ulang. Pemerintah yang cerdas. Salut-salut.

Jadi, jika kita ingin berpartisipasi untuk membuat Indonesia menjadi bersih caranya sangat gampang. Sediakan tiga tong sampah dirumah dan buanglah sampah dengan teratur seperti penjelasan diatas. Jangan mencampur sampah daur ulang agar sesuai namanya bisa didaur ulang.

Kesimpulannya, Indonesia bersih adalah mimpi kita semua. Tapi kita bisa mewujudkan mimpi itu menjadi nyata jika kita bisa compromise dengan kebiasaan buruk kita. Dimulai dari diri kita dulu. Kalau bisa sih disosialisakan kepada teman terdekat yang kira-kira satu visi agar sedikit demi sedikit kebiasaan baik ini menular kepada yang lain. Tapi program ini tidak akan berjalan jika kita tidak mendapatkan support dari pemerintah. Serius. So, sampaikan salam kami pada para penata kota dan petinggi negara untuk membantu kami mempermudah usaha kecil ini. Bapak-bapak dan ibu-ibu petinggi bisa mengupayakan tempat penampungan dan pengolahan sampah misalnya. Ini hanya langkah awal, kalau sudah berhasil nanti, kita bisa menerapkannya di tempat umum seperti pantai dan pusat perbelanjaan.

Akhir kata, semoga curahan hati ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin. Wabillahitaufiq walhidaayah. Assalamualaikum warhmatullaahi wabarakaatuh.

Desi Herayana

Awardee LPDP PK 65

3 Replies to “Semoga Indonesia Menjadi Negara Maju”

  1. nice..
    semoga Indonesia bisa menjadi negara yang hebat dengan orang2 hebat di dalamnya. jauh dari orang yang hanya mementingkan ego sendri untuk mendapatkan keuntungan demi diri sendiri/kelompok. Semua bisa tercapai dengan mulai dari diri sendri dengan tekad menjadi labih baik. Indonesia Maju dengan moral.

Leave a Reply